KEGIATAN POSBINDU DAN POSYANDU LANSIA

Rabu, 08 Januari 2025

Kegiatan Posbindu dan Posyandu Lansia di Desa Baruh Kembang Rt. 003 Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Negara Kec. Daha Utara Kab. Hulu Sungai Selatan.

Posbindu dan posyandu lansia adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan mutu kehidupan masyarakat, namun keduanya memiliki perbedaan dalam sasaran dan fokus kegiatannya

Posbindu berfokus pada pencegahan dan penemuan dini faktor risiko penyakit tidak menular (PTM). Sasaran posbindu adalah masyarakat usia 15 tahun ke atas, termasuk masyarakat sehat, berisiko, dan dengan kasus PTM. Sedangkan posyandu lansia berfokus pada peningkatan kesadaran lansia untuk menjaga kesehatannya, serta meningkatkan peran keluarga dan masyarakat dalam memahami dan mengatasi kesehatan lansia. Sasaran posyandu lansia adalah masyarakat lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun.

=============================================== Untuk Meningkatkan Kualitas Mutu dan Kinerja Puskesmas Negara, Kriktik dan Saran serta Umpan Balik Masyarakat terhadap Pelayanan Puskesmas Negara dapat disampaikan melalui :

  1. Telp/WA di Nomor 0813-4722-7337
  2. Email : puskesmasnegara@gmail.com
  3. Kotak Kritik dan Saran di Puskesmas Negara

INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) SEMESTER II TAHUN 2024

Periode Survei : 01 Juli 2024 s/d 31 Desember 2024

=============================================== Untuk Meningkatkan Kualitas Mutu dan Kinerja Puskesmas Negara, Kriktik dan Saran serta Umpan Balik Masyarakat terhadap Pelayanan Puskesmas Negara dapat disampaikan melalui :

  1. Telp/WA di Nomor 0813-4722-7337
  2. Email : puskesmasnegara@gmail.com 
  3. Kotak Kritik dan Saran di Puskesmas Negara

ES TEH MANIS MEMANG SUEGER!! TAPI?

Banyak penyakit yang mengintai dari kebiasaan minum es teh manis berlebihan loh…

  1. Diabetes tipe 2
  2. Batu ginjal
  3. Obesitas
  4. Kerusakan gigi
  5. Penyakit jantung
  6. Asam Urat

=============================================== Untuk Meningkatkan Kualitas Mutu dan Kinerja Puskesmas Negara, Kriktik dan Saran serta Umpan Balik Masyarakat terhadap Pelayanan Puskesmas Negara dapat disampaikan melalui :

  1. Telp/WA di Nomor 0813-4722-7337
  2. Email : puskesmasnegara@gmail.com 
  3. Kotak Kritik dan Saran di Puskesmas Negara

KEGIATAN POSYANDU ANGGREK 2

Selasa, 07 Januari 2025

Kegiatan Posyandu Anggrek 2 yang dilaksanakan di Desa Mandala Murung Mesjid Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Negara Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Posyandu merupakan singkatan dari Pos Pelayanan Terpadu yang merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita.

Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Berbeda dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan. Lokasi posyandu umumnya mudah dijangkau desa atau kelurahan hingga RT dan RW.

=============================================== Untuk Meningkatkan Kualitas Mutu dan Kinerja Puskesmas Negara, Kriktik dan Saran serta Umpan Balik Masyarakat terhadap Pelayanan Puskesmas Negara dapat disampaikan melalui : 

  1. Telp/WA di Nomor 0813-4722-7337
  2. Email : puskesmasnegara@gmail.com
  3. Kotak Kritik dan Saran di Puskesmas Negara

SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT SEMESTER II TAHUN 2024

Assamualaikum wr.wb Untuk meningkatkan mutu dan kwalitas kinerja UPTD Puskesmas Negara. Dimohonkan kepada seluruh masyarakat khususnya yang ada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Negara dapat memberikan umpan balik penilaian terhadap kinerja UPTD Puskesmas Negara sebagai bahan perbaikan selanjutnya pada link sebagai berikut :

https://bit.ly/skmnegara

Atas partisipasinya kami ucapkan terimakasih.. Wassalamualaikum wr.wb

KEGIATAN PSN (PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK)

Jum’at, 27 Desember 2024

Puskesmas Negara bersama Anggota Saka Bakti Husada (SBH) pangkalan Puskesmas Negara pada hari ini melaksanakan kegiatan edukasi ke masyarakat dan bersama² perangkat desa melaksanakan kegiatan preventif penyakit menular yang sering terjadi di musim penghujan ini yaitu pelaksanaan PSN (Pemberantasan sarang nyamuk). Kegiatan ini dilaksanakan bersama 40 orang anggota SBH Pangkalan Puskesmas Negara bersama tim Puskesmas Negara di 5 (lima) desa yaitu : desa tambak bitin, desa pakan dalam, desa mandala murung mesjid, desa sungai mandala dan desa sungai garuda. Besar harapan kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat agar lebih membiasakan pola hidup bersih dan sehat sehingga tidak terjadi wabah penyakit di diwilayah kerja Puskesmas Negara.

=============================================== Untuk Meningkatkan Kualitas Mutu dan Kinerja Puskesmas Negara, Kriktik dan Saran serta Umpan Balik Masyarakat terhadap Pelayanan Puskesmas Negara dapat disampaikan melalui :

  1. Telp/WA di Nomor 0813-4722-7337
  2. Email : puskesmasnegara@gmail.com
  3. Kotak Kritik dan Saran di Puskesmas Negara

PENINGKATAN KAPASITAS/TEAM BUILDING UPTD PUSKESMAS NEGARA

Peningkatan Kapasitas/Team Building UPTD Puskesmas Negara Kec. Daha Utara Kab. Hulu Sungai Selatan

📍Kebun Raya Banua, Banjarbaru

=============================================== Untuk Meningkatkan Kualitas Mutu dan Kinerja Puskesmas Negara, Kriktik dan Saran serta Umpan Balik Masyarakat terhadap Pelayanan Puskesmas Negara dapat disampaikan melalui :

  1. Telp/WA di Nomor 0813-4722-7337
  2. Email : puskesmasnegara@gmail.com
  3. Kotak Kritik dan Saran di Puskesmas Negara

APA YANG HARUS DILAKUKAN BILA ANDA OBESITAS?

Obesitas? Jangan khawatir! Yuk, mulai langkah sehat dengan :

  1. Pola aktivitas fisik
  2. Pola emosi makan
  3. Pola tidur/istirahat

=============================================== Untuk Meningkatkan Kualitas Mutu dan Kinerja Puskesmas Negara, Kriktik dan Saran serta Umpan Balik Masyarakat terhadap Pelayanan Puskesmas Negara dapat disampaikan melalui :

  1. Telp/WA di Nomor 0813-4722-7337
  2. Email : puskesmasnegara@gmail.com
  3. Kotak Kritik dan Saran di Puskesmas Negara

CERDAS GUNAKAN OBAT, KETAHUI LIMA-O

Sebagai konsumen, kita harus selalu cermat ketika memperoleh obat dan akan menggunakan obat.

Tanya Lima-O merupakan pertanyaan minimal yang harus terjawab sebelum mengonsumsi obat. Dengan menanyakan Lima-O kita berperan penting dalam penggunaan obat secara tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Mari kita menjadi bagian dalam Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat #GEMACERMAT

=============================================== Untuk Meningkatkan Kualitas Mutu dan Kinerja Puskesmas Negara, Kriktik dan Saran serta Umpan Balik Masyarakat terhadap Pelayanan Puskesmas Negara dapat disampaikan melalui :

  1. Telp/WA di Nomor 0813-4722-7337
    Email : puskesmasnegara@gmail.com
  2. Kotak Kritik dan Saran di Puskesmas Negara

JENIS PELAYANAN UPTD PUSKESMAS NEGARA

  1. USG (Setiap Hari Kamis, Pukul 08.00 WITA – Selesai)
  2. Laboratorium (Setiap Hari, Pukul 08.00 WITA – Selesai)
  3. ANC
  4. PNC
  5. Rawat Inap
  6. Bersalin
  • Pelayanan UGD, Rawat Inap dan Bersalin Buka 24 Jam

=============================================== Untuk Meningkatkan Kualitas Mutu dan Kinerja Puskesmas Negara, Kriktik dan Saran serta Umpan Balik Masyarakat terhadap Pelayanan Puskesmas Negara dapat disampaikan melalui :

  1. Telp/WA di Nomor 0813-4722-7337
  2. Email : puskesmasnegara@gmail.com
  3. Kotak Kritik dan Saran di Puskesmas Negara